Tips Memilih Gitar Akustik

Berikut adalah beberapa tips dalam memilih gitar akustik yang baik untuk anda.
untuk memilih gitar akustik yang baik:
gitar akustik
  1. cari gitar diruangan yang kecil, lalu bandingkan di ruangan yang besar. kira2 proyeksi suaranya gimana? cukup terdengar atau enggak. maksimal proyeksi suara kira2 di ruangan ukuran berapa? Untuk kelas Yamaha CG paling banter proyeksi suara akan terdengar (bagus) di ruangan ukuran 3 x 4 an. makanya nggak proporsional untuk konser.. kecuali pake mic.. tapi gitaris2 klasik biasanya jarang yang pakai mic kalau gak terpaksa bgt

  2. coba cek balance suara antara senar 123 dan 456.
    gimana suara bass nya? imbang nggak dengan mid/treble nya?

  3. cek lagi suara di setiap fret.. biasanya gitar2 "murah" suaranya bagus di fret 1-9.. itu karena pemula biasa main di fret2 tsb. Tapi gitar yang bagus, maka proyeksi suara akan balance dan clear di seluruh fret.

  4. kayu.. ada kayu2 yang karakternya gelap atau terang. biasanya gitar2 spanyol karakternya terang.. karena kayu di sana dan kebutuhan musiknya untuk musik2 flamenco. meski ada juga buatan spanyol yang di design untuk style klasik. tapi tetap kayunya biasanya terang. yang lembut atau soft biasanya gitar buatan perancis.. jepang juga lumayan lembut. cocok untuk main klasik.

  5. jangan lupa tanya senar yang dipakai di gitar itu apa?
    setiap senar gitar punya karakter sendiri2.. kadang ada gitar yang suaranya ga keluar karena senarnya terlalu light.. mungkin bisa coba pakai senar daddario atau savarez.. tapi.. kembali lagi ke selera anda.

  6. jangan pilih gitar yang keropos kayunya. mesti dilihat benar2 apakah pernah dipernis ulang atau tidak.
    kalau bisa bawa seorang teman atau pengrajin gitar yang tahu benar tetangg hal2 seperti itu, jadi ketahuan kalau gitarnya pernah di servis atau di cat ulang.

  7. pastikan di setiap fred gitar tune nya nggak ngaco. kalau ngaco/ fals berarti necknya bengkok.

  8. coba dengar.. kira2 senarnya BUZZING apa nggak? kalau iya, itu karena apa? setelan bridge atau something wrong with the neck?
Saya rasa tips2 di atas sudah cukup untuk bahan pertimbangan anda dalam memilih gitar akustik yang baik.


Ditulis Oleh : Rizky Huda Hari: 00.47 Kategori:


Komentar untuk Tips Memilih Gitar Akustik