Tips Memilih Senar Gitar

Senar atau (String) gitar yang anda miliki saat ini mungkin Senar Baja atau Senar Nilon, tergantung pada selera anda. Senar memiliki ukuran yang bermacam-macam, ada senar yang tipis dan ada jug senar yang tebal. Informasi berikut akan menguraikan perbedaan utama antara Senar Nilon (Nylon String) dan Senar  Baja (Steel String).

Berbeda jenis  string bervariasi pula suara yang keluar dari petikan sebuah gitar, akan berbeda pula efek pada jari jemari anda ketika memainkannya (biasanya senar baja akan lebih terasa sakit pada awal-awal bagi anda yang baru belajar gitar). Cara anda memegang atau menggenggam leher gitar pun perlu diperhatikan karena ini sangat penting ( Posisi jari yang tepat pada gitar ).

Oleh karena itu, yang terbaik adalah anda harus mencoba terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli sebuah gitar, khususnya bagi pemula. maksud saya mungkin bisa pinjam gitar  dari teman dulu, mana yang enak deh, nah setelah itu baru memutuskan mau beli yang Gitar bersenar baja atau nilon.

Senar nilon pada umumnya sering digunakan dalam musik klasik, meskipun beberapa pemusik jazz juga menggunakan string nilon.  Senar nilon adalah yang terbaik bagi pemula, karena lebih mudah dan lebih empuk terasa pada jari-jari anda saat memainkan kord dibandingkan senar baja.

Senar yang terbuat dari baja (Steel String) umumnya digunakan dalam musik Rock, musik Country dan Folk karena resonansi sengau dan fleksibilitas sangat menonjol dari musik genre ini . Senar baja dibuat dengan berbagai ukuran yang berbeda. "Gauge" adalah istilah untuk menggambarkan ketebalan dari sebuah senar baja. Oleh karena itu senar baja bisa terdiri dari ukuran gauge yang ringan (tipis) sampai gauge yang tebal. Lights Gauge (ukuran senar baja yang lebih tipis) direkomendasikan untuk pemula karena terasa empuk dan mengurangi kesulitan pada waktu belajar memainkan kord.

Dewasa ini sudah tersedia senar yang menggabungkan bahan sutra dan baja (Silk & Steel) . Suara senar  ini sangat bright dan jelas. Senar ini  juga akan memudahkan jari-jari anda di dalam memainkan kord-kord. Jadi, ketika anda memutuskan untuk membeli senar, perlu diingat bahwa jangan terpaku pada merk-nya, karena kenyataannya senar yang mahal belum tentu menjadi yang terbaik atau cocok  bagi anda.

Hal penting lain yang harus  diingat adalah perawatan senar gitar, setiap kali jari-jari anda menyentuh string, kotoran dan keringat akan menempel pada senar yang akan mengakibatkan karat. Hal ini akan menyebabkan suara senar gitar  anda akan menjadi mati atau kurang bright. Jadi setelah anda bermain-main dengan gitar anda hendaklah dibersihkan dengan kain KERING tapi tidak lembab atau baca Panduan Perawatan Gitar Anda.

Jika jari-jari anda sedikit sakit ketika pertama kali belajar gitar , jangan khawatir, karena semua akan terlewati tanpa anda menyadarinya. Rendamlah jari-jari anda kedalam sedikit cuka sebelum anda bermain, atau boleh dengan menggosok jari-jari anda dengan Aloe Vera (cairan lidah buaya) sesudahnya, tujuannya adalah untuk mengurangi rasa sakit.

Bagi para pemula kulit ujung jari-jari anda akan mengembang dan mengeras pada awalnya, tetapi tidak ada salahnya untuk terus bermain setelah itu. Belajar bermain gitar adalah 1% inspirasi dan 99% keringat, jadi  jika anda ingin menjadi seorang gitaris, praktek, praktek, dan terus praktek. Itulah rahasia terbesarnya!.


Ditulis Oleh : Rizky Huda Hari: 02.43 Kategori:


Komentar untuk Tips Memilih Senar Gitar