Tipe Gitar Elektrik Berdasarkan Konstruksinya

Gitar elektrik atau gitar listrik memiliki beberapa tipe/jenis berdasarkan perbedaan konstruksi body dan necknya, antara lain system neck-thru, bold-on, dan set-neck. Dari tiap jenis masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri. Untuk itu pemilihan gitar harus disesuaikan dengan musik yang dimainkan, bukan sekedar meniru idola atau agar terlihat keren dan berkelas. Mungkin anda penasaran gitar yang anda punya itu termasuk dalam tipe yang mana, untuk mengetahuinya silahkan baca keterangan berikut.

  1. NECK-THRU

    Gitar jenis ini memiliki body yang menyatu dan sejajar dengan neck, sehingga bagian wing body (bagian atas dan bawah body) tetap bisa dibuat dari jenis kayu lain. Keunggulan model gitar ini adalah suara yang dihasilkan lebih tebal, bulat, bening, dan tajam.ini dikarenakan suara yang di terima humbucker berputar di dalam bidang yang luas pada pori pori kayu body dan neck, sehingga sustain yang dihasilkan lebih panjang dan resonansinya tampak lebih baik.

    Kekurangan dari gitar jenis ini adalah harga yang dimiliki gitar ini mahal. Lebih mahal daripada gitar jenis lain. Selain dari itu gitar jenis ini juga sangat berat akan tetapi seimbang, karena menggunakan kayu dengan kualitas nomor 1 dan proses pembuatan body dan neck yang menuntut ketelitian yang sangat tinggi dan dikerjakan secara hand-made(manual). Selain itu juga..kita juga harus berhati hati merawat gitar ini, apabila terjadi neck bengkok maka tidak bisa di perbaiki. Hampir semua merk gitar menggunakan konstruksi ini untuk kelas premiumnya.khususnya merek merek yang biasa digunakan untuk memainkan musik berirama keras, seperti JACKSON, ESP, LTD, BC RICH, IBANEZ DAN FENDER.

  2. BOLT - ON

    Gitar jenis ini lebih mudah dirawat daripada gitar jenis NECK- THRU, karena body dan necknya merupakan 2 bagian terpisah yang disambung dengan baut. Gitar jenis ini memungkinkan penggunannya menggunakan 1 bahan kayu untuk bagian body dan bahan kayu yang berbeda untuk bagian neck dan fingerboard.

    Gitar ini lebih murah daripada gitar jenis neck thru utuk merk dan model yang sama, karena gitar jenis ini biasanya diproduksi dalam jumlah besar. Gitar ini memiliki bobot yang ringan sehingga nyaman untuk dimainkan, selain itu pula gitar ini lebih mudah diperbaiki apabila mengalami kerusakan menurut saya, gitar ini sangat cocok digunakan untuk gitaris pemula sebagai ENTRY POINT untuk menjadi profesional, tapi itu semua tergantung kenyaman gitar yang kita miliki. namun bukan berarti gitar ini tidak bisa juga dipakai gitaris profesional, itu juga ditentukan oleh beberapa faktor seperti efek dan amplifier.

    Kekurangan gitar jenis ini adalah kualitas suara yang dihasilkan tidak bisa lebih baik daripada jenis neck thru. Hal ini dikarenakan sebagian besar suara yang disimpen dalam body "BOCOR" keluar melalui sambungan antara body dan neck, sehingga mengurangi efek sustain, tone, dan resonansi yang dibutuhkan.

  3. SET - NECK

    Gitar jenis ini memiliki body dan neck gitar yang disambung tanpa menggunakan baut seperti yang digunakan pada jenis gitar BOLT-ON. body dan neck disambung dengan trik dan bahan khusus dan terlihat seperti jenis gitar neck thru. Sambungannya ditutup dengan bahan khusus yang bisa mengurangi bocornya tone dan sustain yang terletak pada gitar jenis bolt on.

    Gitar ini tidak sebagus gitar jenis neck thru, tapi gitar jenis ini lebih baik darpada jenis bolt on. kekurangan gitar jenis ini adalah sulit di perbaiki jika necknya mengalami kerusakan.walaupun bisa diperbaiki, SET NECKnya akan cacat dan karakter suaranya akan berubah.

Intinya adalah setiap gitar memiliki spesifikasi yang cocok dengan genre musik tertentu. Jika aransemen musik kita membutuhkan efek, kita cukup menggunakan gitar jenis BOLT ON, karena harganya lebih murah dah mudah diperbaiki. Namun jika tidak suka dikelilingi dengan deretan tombol tombol pengatur dan lampu indikator perangkat efek, kita sebaiknya menggunakan gitar jenis NECK THRU kerena gitar ini dapat memberikan suara yang cukup baik walaupun dihubungkan dengan perangkat HEAD CABINET.

Semoga bermanfaat.


Ditulis Oleh : Lirik & Chord Hari: 01.59 Kategori: »


Komentar untuk Tipe Gitar Elektrik Berdasarkan Konstruksinya