Jenis Pemain Gitar (Gitaris) Berdasarkan Levelnya

Jenis permain gitar secara genre mungkin banyak sekali dari gitaris rock, gitaris pop, gitaris regae dan masih banyak lagi bila kita melihatnya dari sisi genre. Dan dari sisi gender di bedakan menjadi 2 yaitu gitaris cowok dan gitaris cewek, Namun bila di kelompokan berdasarkan level ilmunya seorang gitaris hanya di bagi menjadi 3 saja, yaitu gitaris (saja), gitaris shredder, dan gitaris Virtuoso. Adapun pengertian dan penjabaran arti dari pembagian kategori gitaris berdasarkan ilmunya tersebut adalah sebagai berikut.

gitaris, shredder, virtuoso
  1. Gitaris (saja)
    Seseorang bisa dengan dengan mudah di katakan seorang gitaris atau mengaku seorang gitaris, hal ini di sebabkan arti makna gitaris adalah seseorang yang sedang, sering, terus-menerus bermain gitar di katakan gitaris. Bahkan seseorang yang pertama kali belajar gitar bisa di katakan seorang gitaris.
    Contoh: Bila anda menggurui seorang balita tentang bermain gitar dan balita itu dengan sifat kekanakannya mulai bermain gitar dan bisa memainkan kunci gitar dasar, maka balita tersebut sudah bisa di katakan sebagai seorang gitaris cilik.

  2. Gitaris Shredder (atau biasa di sebut Shredder saja)
    Bila seorang gitaris telah mulai mempelajari teknik permainan gitar dan termotivasi agar permainan gitarnya semakin meningkat, maka gitaris tersebut sedang dalam proses menjadi seorang shredder. Secara mudah kita bisa melihat dari permainan yang di mainkan seorang gitaris tersebut.
    Contoh: Seorang gitaris yang bisa memainkan beberapa teknik gitar seperti sweeping, string skipping, arpegio dan semacamnya, maka gitaris tersebut sudah pantas di sebut sebagai seorang shredder. Shredder lebih kental dengan permainan cepat dan penuh teknik.

  3. Gitaris Virtuoso
    Virtuoso adalah level tertinggi dalam hal teknik, pengetahuan dan pengabdiannya di bidang gitar. Perlu di ketahui seorang virtuoso pastilah dia seorang shredder akan tetapi seorang shredder belum tentu dia seorang virtuoso. Gitaris virtuoso sebagian besar adalah para pemain gitar solo atau instrumental walaupun banyak juga yang terikat dengan band-band terutama yang beraliran rock.
    Contoh: Gitaris seperti Joe Satriani, Steve Vai, Paul Gilbert dan para dewa gitar lainnya sudah layak di sebut sebagai seorang gitaris virtuoso, mengingat karya mereka yang begitu luar biasa dan pengetahuan serta cara mereka bermain itu adalah level tertinggi dari level seorang gitaris.
Itulah ketiga macam level menurut ilmu dan pengetahuannya tentang gitar bagi seorang gitaris. Saya mendapatkan informasi tentang ini dari hasil sharing dan dari berbagai sumber yang telah saya dapatkan dan saya yakin dapat di percaya sebagai banhan pengetahuan kita besama. Bila hal itu di tujukan kepada anda, di posisi manakah anda sekarang? apakah anda hanya seorang gitaris, atau mungkin sudah shredder? kalau virtuoso saya rasa masih belum dan jangan menganggap seperti itu dulu. Seorang virtuoso setidaknya sudah punya pengalaman dan umur belajar yang sangat lama dan hanya bisa di jangkau oleh seorang gitaris yang benar-benar menekuni gitar sebagai bagian penting dari hidupnya.

Akhir kata, semua tergantung kepada kita sendiri. Bila kita serius belajar gitar walau dari nol sekalipun anda bisa saja menjadi bagian dari nama-nama gitaris yang bergelar viruoso. Saya tidak bilang anda tidak bisa menjadi seorang virtuoso dan saya sama sekali tidak meragukan anda sebagai seorang gitaris yang punya jalan menjadi virtuoso. Hanya saja halangan dan rintangan untuk mecapai level tersebut adalah sangat berat karena musuhnya adalah rasa malas dan bosan dari diri kita sendiri.

Semoga artikel singkat dan sederhana dari saya ini bisa menjadi wacana yang baik bagi anda yang sedang belajar gitar ataupun yang cuman menyukai gitar. Terima kasih dan salam \m/.


Ditulis Oleh : Rizky Huda Hari: 21.01 Kategori:


Komentar untuk Jenis Pemain Gitar (Gitaris) Berdasarkan Levelnya