Perdalam "Lagi" Kualitas Permainan Gitar Kita

Apakabar sobat blogger dan sobat gitaris dimanapun anda berada, sudah lama sekali saya vakum dari dunia online ini karena saya harus mencari makan buat hidup saya sendiri (preettt). Setelah sekian lama vakum di dunia per-bloggeran, tentu saja selama itu pula saya tidak akan bisa terlepas dari gitar saya hahaa. Dan, kali ini saya akan berbagi sebuah metode untuk memperdalam "lagi" kualitas dari permainan gitar kita yang sebelumnya kita sudah merasa telah memperdalamnya.

Apabila kita melihat kebelakang, beberapa bulan yang lalu tentu saya sudah berbagi segala yang saya tahu tentang gitar, akan tetapi kali ini saya akan memberikan sesuatu yang sedikit berbeda dari biasanya.

Ulasan saya ini akan membahas bagaimana cara memfasihkan permainan gitar kita, meluruskan pemahaman kita, dan menggali lagi potensi yang sebelumnya tidak kita sadari.

Artikel ini dikhususkan bagi anda yang sudah dalam tahap lanjut, jadi bila anda masih "pemula" sebaiknya anda jangan dulu baca artikel ini karena mungkin anda hanya akan semakin bingung saja untuk memulai.

Oke, langsung saja saya kasih poin-poinnya

Jari anda sudah mulai terbiasa dengan speed dan berbagai scale? sudah merasa mampu memainkan bermacam-macam lagu dari band atau solo gitaris ternama seperti Dream Theater, A7x, Paul Gilbert, atau mungkin Andy James dan Guthrie Govan bla bla bla? coba sekarang anda rekam permainan anda dan bandingkan dengan yang aslinya? pasti jawabannya masih tidak sebagus yang aslinya kan? hahaa. Saya pribadi sangat tidak puas dengan permainan saya sendiri bila didengarkan sehabis dengar yang aslinya (karena berasa oon dan hampa permainan saya).

Disini saya tidak bermaksud membandingkan (merk) kualitas alat, kualitas sound, dll. karena jelas berbeda (sama juga beda tangan beda rasa). Tetapi yang saya tekankan disini adalah bagaimana cara mereka bermain, cara mereka melakukan "tekanan" pada picking dan fingering (picking dan fingering harus jelas dan bersih), dan bagaimana mereka benar-benar menguasai lagu/solo tersebut.

Yang banyak kita lupakan adalah, sebuah semangat kala bermain gitar. Bagaimana mungkin kita bisa melakukan sesuatu dengan baik tanpa adanya semangat bukan?. Karena semangat itu sebenarnya bumbu utama kita dalam melakukan segala hal (lihat saja orang bule atau orang jepang) kenapa mereka bisa berbeda dengan kita? karena dalam hal semangat mereka adalah juaranya (iya kan?)

Yang kedua adalah harmonisasi teknik (pemilihan teknik = meliputi bending, sliding, tapping dll), lihatlah bagaimana Andy James bermain? kenapa saya pilih dia? karena dia salah satu yang terbaik dalam hal harmonisasi teknik (setidaknya menurut saya pribadi). Seorang gitaris haruslah pintar dalam memilih teknik agar emosi yang di dapat bisa cocok dan tepat sasaran. Andy James sangat bersemangat dan sangat kaya akan teknik, dia hampir tidak pernah melakukannya dengan "polos"
 (tekan dan petik doang), tapi selalu dengan slide, vibra, bending bla bla bla.

Yang ketiga, ulangi permainan kita meskipun kita merasa sudah sangat menguasainya. Bila kita merasa kita sudah menguasai sebuah lagu/solo, coba mainkan lagi, lagi dan lagi, dan rekamlah permainan gitar anda dari hari kehari, tentu dengan variasi sleeding, bending yang berbeda (bisa juga penggunaan picking yang berbeda, misal pertama dengan alternate dan yang kedua kasih pull of/hammer on.

Dari hasil seminggu, coba lihat dan dengarkan permainan anda, mana yang menurut anda paling oke dan paling ngena di lagu tersebut (gak harus sama dengan yang aslinya, minimal feelnya dapet aja udah sangat bagus).

Yang keempat, perdalam lagi pemahaman dan pengetahuan tentang sound dan efek gitar yang anda pakai. Percuma anda meniru merk sound/efek gitar orang lain atau setingan dari kedua alat tersebut bila anda tidak bisa menggunakannya dan tidak bisa merasakan feelnya. Jadilah gitaris yang kreatif dan tidak malu berimprovisasi dalam setingan sound.

Yang kelima, sebenarnya semua itu saya rasa sudah dibahas kali ya? hehee, cuma artikel ini yang paling mendekati detil menurut saya sih :P. Sekian dari saya dan semoga artikel ini bisa sedikit membantu anda yang bingung, karena saya juga masih sedikit bingung, makanya marilah kita merasakan bingung bersama - sama dengan adanya kata sharing. Selamat berlatih \m/.


Ditulis Oleh : Rizky Huda Hari: 22.06 Kategori:


Komentar untuk Perdalam "Lagi" Kualitas Permainan Gitar Kita