Circle of 4 (b)

      Dalam dunia musik banyak sekali hal yang masih jarang di ketahui oleh sebagian besar musisi, baik yang sudah Profesional maupun Amateur. Oleh karena itu saya di sini coba menyampaikan saja hal yang telah saya ketahui dari hasil bergaul dan berkomunitas dengan para pakarnya.
Kenapa saya bilang jarang di ketahui oleh musisi profesional sekalipun.....karena yang akan saya bahas di sini adalah salah satu materi yang lebih di khususkan untuk membaca partitur/tabulasi. Toh di dunia musik apalagi di Indonesia, masih banyak orang awam yang tidak mengerti akan sebuah  "Theory"  contohnya saya :P.

Circle of 4 mungkin hanya di pakai orang2 yang berguru (khursus) musik yang telah di ajarkan bagaiman cara membaca partitur/tabulasi sedangkan bagi para Otodidak sih lebih suka prakteknya saja, lagi2 kayak saya :D.  Jadi apa gunanya saya posting tentang ini??? karena tujuan saya di sini hanya share saja bukan yang lain dan akan selalu share hal2 yang saya dapatkan dari pergaulan, buku, maupun dari anda, apalagi belaga menggurui weeeekkkkzzz....orang saya aja masih pemula heheee.

 Jangan kelamaan ahhhh.....ok !!!

Apa itu Circle of 4??? Circle adalah perputaran dan 4 disini maksudnya adalah nada ke 4
Circle of 4 (Circle of Four) adalah perpindahan Tonal ke nada ke-4 dari Tonal awal.
contoh dengan Tonal C :  C-D-E-F-G-A-B       maka Cilcle of 4 dari tonal C adalah (F 1b) F-G-A-Bb-C-D-E. Lohh kenapa ada yang warnanya biru segala katrok loe wkakwakakkk.....yang berwarna biru itu adalah tanda dari Circle of 4 sendiri. Dimana b (mol) akan bertambah jika di lanjutkan "Circle" nya.
Ahhh...bingung :P......begini mas bro. Circle of 4 tidak berputar sekali, jadi hasil Circle tadi masih bisa di lanjutkan ke "tonal Bb" (Bb 2b) Bb-C-D-Eb-F-G-A  dan seterusnya.

 Perlu di ketahui...
- Circle of 4 itu prinsip perhitungannya mundur dari tangga nada, jadi tidak di tulis dengan D# tapi Eb (es)....wah dingin dong hahhaaaaa....
- Untuk penulisan perputaran pertama di tulis dengan kode 1b (satu mol) atau jumlah nada molnya satu...yang ke dua di tulis 2b dan begitu seterusnya.
- Semakin di putar kwkakawkk maka semakin banyak jumlah nada b (mol) nya. kalo gak percaya teruskan saja Circle di atas bila sudah paham.
- Di dunia ini selalu ada lawannya jadi lawan Circle of 4 adalah Circle of 5 yang akan di bahas di postingan selanjutnya. jadi jangan ketinggalan ya :D.
- Agar lebih jelas baca lagi dari atas pelan2 dan dengan perut berisi.
- Jika sudah paham, siap2 buat Circle of 5 nya.....hahahaaaa puyeng2 loe.

Segini saja dari saya, bila ada yang salah dalam penulisan atau bila anda kurang paham dengan penjelasan di atas silahkan tanya dengan cara mengisi kotak komentar yang saya sediakan di bawah.
Salam \m/.           


Ditulis Oleh : Rizky Huda Hari: 18.43 Kategori:


Komentar untuk Circle of 4 (b)