Circle of 5 (#)

    Setelah kita membahas tentang Circle of 4 di postingan sebelumnya, kali ini saya akan share tentang Circle of 5 seperti yang sudah saya janjikan. Saya harap penjelasan tentang Circle of 5 ini mudah di mengerti dan di pahami.
Kenapa dulu saya pernah berkata bahwa Circle of 5 adalah lawan dari Circle of 4, karena kedua Circle tersebeut berbeda arah tangga nadanya. Jika Circle of 4 untuk perhitungan mundur atau (b), maka Circle of 5 untuk perhitungan maju atau (#). Mudah - mudahan anda paham sekarang :D kalo belum ya mau baca lagi silahkan dan kalo mau nyerah karna di anggap gak penting2 amat ya monggo. karna ini hanya sekedar untuk pengetahuan kita terhadap beberapa theory dalam musik.

Langsung bahas...biar gak panjang nulisnya kan cape puasa2 ngetik banyak heheee...
Secara istilah Circle of 5 adalah perputaran nada ke 5 dari tonal awal, dan seterusnya di tandai dengan kress (#).
Adapun contoh penulisan dari Circle of 5 ini adalah sebagai berikut :
Di sini saya akan menggunakan nada dasar atau tonal C, sesuai standar Piano saja biar lebih mudah.
yaitu C-D-E-F-G-A-B.
Putaran pertama di tulis dengan G (1#) G-A-B-C-D-E-F#. lihat yang berwarna biru...F# menjadi lambang dari Circle of 5 atau 1# (jumlah kress nya 1). Karna sama seperti Circle of 5 semakin kira melakukan rotasi maka nada yang naik setengah nada (#) semakin banyak.
Putaran kedua tentunya di tulis dengan D (2#) D-E-F#-G-A-B-C#  gimana semakin paham??? saya harap sih begitu supaya saya jadi tidak sia - sia nulis kaya gini kwakwakakkk.

Penting !!!
   Saat menulis Circle baik 4 atau 5 silahkan gunakan tanda not setengah nada yang sesuai dengan Circlenya, jangan ragu bila menemukan nada yang gak bisa di bikin # atau b. Contoh bila nada #  atau b nya kurang dan ada nada E & F maka jangan di tulis dengan F namun E# (untuk C 5) dan Fb (untuk C 4). Karena Circle selalu menambahkan tanda # untuk Circle of 5 dan tanda b untuk Circle of 4.

Saya harap tidak ada salah penulisan atau pernyataan dari artikel di atas, namun bila ada yang salah harap segera kasih tau saya dan maklum adanya. Semua itu demi kemajuan kualitas ilmu musik kita bersama dan bila ada yang mau bertanya silahkan saja nanti saya atau teman2 yang lain bisa membantu kekurang pahaman anda dengan pelan2.
Just Share Boyz.....salam \m/ selalu.


Ditulis Oleh : Lirik & Chord Hari: 06.38 Kategori:


Komentar untuk Circle of 5 (#)