Otodidak Harus Kreatif

Belajar gitar sendiri tanpa kursus atau biasa juga di sebut Otodidak memang susah-susah gampang. Dengan belajar sendiri tentu kita harus punya taktik jitu (kreatif) agar tidak tertinggal oleh orang yang mengikuti kursus, berikut beberapa tips bagi yang otodidak agar punya referensi cara mengembangkan kemampuannya di rumah sendiri. Beberapa tips tentang otodidak ini mungkin sudah anda lakukan atau juga anda sudah pernah membacanya di situs lain, namun tujuan saya share kali adalah memberi tau yang belum tau dan mengingatkan yang lupa. So, inilah tipsnya :

  1. Pandai-pandailah bergaul dengan orang yang setujuan (sedang mendalami gitar).

  2. Datanglah sesekali ke internet sekedar untuk melihat video-video lesson maupun lik yang sudah banyak beredar di internet seperti youtube.

  3. Ikut forum-forum atau komunitas gitaris di kota anda maupun lewat dunia maya, selain untuk memperkaya pengetahuan (theory), forum dan komunitas dapat membuka mata dan pikiran kita agar kita bisa memutuskan apa yang harus kita lakukan agar kita cepat berkembang.

  4. Jangan malu belajar dari orang yang kita anggap masih di bawah kita, ingat gitar itu relatif jadi setiap orang punya kelebihan dan keunikan dalam bermain gitar.

  5. Jika anda punya PC atau laptop di rumah isilah PC atau laptop anda dengan software yang mendukung untuk belajar gitar seperti gitar pro, frutyloops, sonar maupun yang sejenis. tujuannya adalah anda jangan hanya dapat bermain tapi anda lebih mengenal dunia musik seperti sound, efek, dan hal-hal lain yang tak kalah pentingnya dari skill.
Saya tidak ingat apakah saya sudah membahas tentang hal ini atau belum yang jelas, artikel ini sekedar untuk wacana karena kebetulan saya juga otodidak.

Berbagi apa yang kita ketahui lebih baik dari pada kita ahli tapi tidak tau caranya berbagi dengan orang lain maka sharinglah hal-hal kecil sekalipun karena kecil menurut segelintir orang mungkin besar bagi yang lainnya. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan tidak lupa salam \m/.


Ditulis Oleh : Rizky Huda Hari: 19.33 Kategori:


Komentar untuk Otodidak Harus Kreatif