Tentukan Panjang Sabuk Gitar Anda

Panjang pendeknya sabuk gitar sangat berpengaruh pada kenyamanan kita saat bermain gitar. Jadi menentukan satu ukuran sabuk gitar dapat membuat kita semakin nyaman dan terbiasa bermain dengan posisi berdiri. Mengingat kita tidak mungkin selamanya main dengan posisi duduk maka ada baiknya anda menentukan panjang sabuk gitar anda dari sekarang dan mulailah latih posisi main dengan berdiri.
  • Ada yang panjang sabuk gitarnya sampai ke lutut.
    Mungkin saja itu terlihat keren, tetapi posisi sabuk yang terlalu panjang sangat tidak nyaman jika anda seorang shreder karena anda akan kesulitan main sweeping teknik 6 senar, string skipping, dan untuk menjangkau senar bagian atas yang berdekatan dengan neck gitar. gak percaya? coba saja sendiri...
  • Ada yang sejajar dengan perut (medium).
    Posisi ini saya rasa yang paling ideal dari beberapa setingan panjang sabuk gitar karena selain tidak menggangu style anda (tidak terlihat culun) anda juga tidak terlalu sulit untuk memainkan beberapa teknik yang sulit di lakukan jika sabuk anda terlalu panjang. artis yang memakai panjang sabuk ukuran ini adalah Steve Vai, Joe Satriani, Paul Gilbert (walaupun agak panjang) dll.
  • Ada yang sedada. 
    Mungkin anda bisa dengan mudah memainkan segala teknik tanpa kesulitan sedikitpun tapi anda akan terlihat kurang menarik dan kurang enak buat aksi panggung karena gitar anda tidak bisa anda ayun-ayunkan.

Panjang pendeknya sabuk gitar dan kenyamananya memang relatif, tetapi poin-poin di atas adalah hasil survey saya dengan beberapa teman-teman gitaris. Ada juga hal-hal yang juga mempengaruhi style anda seperti yang sudah saya terangkan.

Jadi, manakah yang anda pilih?

* Apakah anda tidak memikirkan anda akan kesulitan saat bermain? jika ya pilihlah yang poin pertama karena anda akan terlihat keren seperti Slash dan Nuno Bettencourt.

* Apakah anda sepikiran dengan saya dengan memakai yang poin kedua (balance antara style dan skill).

* Atau apakah anda tidak memikirkan style anda, yang penting dapat main dengan bermacam-macam teknik seperti John Petrucci? semua itu tergantung pilihan anda.

Semoga anda semakin mantap memilih ukuran panjang sabuk untuk gitar anda setelah baca artikel ini.
salam \m/.


Ditulis Oleh : Rizky Huda Hari: 04.21 Kategori:


Komentar untuk Tentukan Panjang Sabuk Gitar Anda